Cegah Peredaran Narkoba, Karutan Kebumen Bersinergi Dengan Polres Lakukan Razia Blok Hunian

oleh -125 Dilihat

 

KEBUMEN – Untuk mengantisipasi dan mencegah adanya peredaran Narkoba dan barang terlarang lainya, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kebumen menggelar Razia seluruh kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan setempat. Termasuk dilakukan test urine kepada para WBP yang terindikasi pernah menggunakan obat obat terlarang jenis narkoba.

Razia digelar secara mendadak itu, dilakukan dengan melibatkan unsur Polri, baik dari Sat Reskrim, Narkoba dan Polsek Kota Kebumen, Senin 13 November 2023, malam. Tak satupun blok kamar WBP yang luput dari pemeriksaan para petugas.

Kepala Rutan Kelas II B Kebumen Tri Mulyono menjelaskan, razia atau penggeladahan kamar hunian WBP ini merupakan tindak lanjut dari intruksi presiden nomor 2 tahun 2022, tentang peredaran gelap narkotika. Sasaran utama kegiatan ini yakni memastikan tidak adanya narkoba dan barang terlarang lainya, salah satunya Handpone.

Baca Juga :  Kalapas Singkawang Hadiri Upacara Hari Kesehatan Nasional di Halaman Kantor Dinas Kesehatan Singkawang

“Sasaran utama adalah kita memastikan bahwa tidak ada penggunaan maupun peredaran narkoba serta alat komunikasi seperti Handpone dan barang terlarang lainya di dalam kamar hunian,”ungkap Kepala Rutan.

Adapun hasil dari penggeledahan kamar, petugas tidak menemukan adanya narkoba dan Handpone. Hanya saja, benda benda seperti botol dan kartu remi. Sedangkan hasil tes urin seluruhnya menunjukan hasil negatif.

‘’ Malam ini kita tidak menemukan adanya narkoba dan Handpone, namun hanya benda benda yang diindikasikan dapat mengganggu kenyamanan WBP, seperti botol botol, gelar dan ada juga kartu remi serta pemanas air dari botol,’’jelasnya.

Baca Juga :  Heboh, Warga PUT Tanyakan Progres Usulan Jalan Alternatif PUT - BRIGIF

Tri Mulyono menuturkan, saat ini Rutan Kelas II B Kebumen dihuni 161 WBP. Ini terdiri dari Narapidan dan Tahanan dengan kasus tertinggi didominasi narkoba dan asusila.

‘’ Sampai hari ini WBP Rutan Kebumen berjumlah 161 orang. Terdiri dari Napi dan Tahan dengan kasus tertinggi didominasi Narkoba dan Asusila,’’imbuhnya.

Lebih jauh Tri Mulyono menyampaikan terimakasih kepada seluruh jajaran Polres yang telah turut membantu melaksanakan razia hingga berjalan tertib dan lancar.

Baca Juga :  Lapas Singkawang Gelar Apel Komitmen Bersama Zona Integritas Menuju WBK

‘’ Saya menyampaikan terimakasih banyak kepada jajaran Polres Kebumen yang telah turut membantu razia ini hingga berjalan aman dan lancar,’’pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Resnarkoba Polres Kebumen AKP Khusen Martono mengatakan selalu siap bersinergi untuk bersama sama memberantas peredaran narkoba di Kabupaten Kebumen. Utamanya dengan pihak Rutan Kebumen.

‘’ Pada dasarnya Kami Polres Kebumen siap bersinergi untuk bersama sama memberantas kasus peredaran Narkoba di Kebumen,’’ucapnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.