Cegah Peredaran Narkotika, Lapas Idi Lakukan Tes Urine bagi Petugas dan WBP

oleh -943 Dilihat

ACEH TIMUR -Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Idi merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan dibawah naungan Kanwil Kemenkumham Aceh. Sehubungan dengan Surat Ditjen PAS Kemenkumham RI terkait himbauan untuk melakukan pengawasan dan pengendalian untuk melaksanakan penertiban terhadap peredaran Narkotika. Lapas Kelas IIB Idi melaksanakan Pencegahan Narkoba tersebut dengan melakukan Tes Urine bagi Seluruh Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan, Selasa (09/05/2023).

 

Kegiatan ini diawali dengan Apel Gabungan dengan Polres Aceh Timur yang dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Aceh Timur, AKP M. Daud, S.H., yang didampingi KBO Sat Binmas Polres Aceh Timur, Ibda Antonius M. Dalam kesempatannya sebagai Pembina Apel Kasat Binmaa, AKP M. Daud, S.H., menyampaikan beberapa Amanat yaitu, Himbauan untuk menjauhi Narkoba, Karena Narkoba sangat

Baca Juga :  Satu Orang Petugas Lapas Muara Enim, Jalani Bimbingan Pra Nikah.

 

“Ingat! Narkoba itu sangat berbahaya rekan-rekan, selain dampaknya untuk diri sendiri, institusi dan keluarga tentu akan ikut kita permalukan. Bukankah hukum narkotika sudah jelas terlarang baik dari segi hukum maupun agama yang kita yakini,” kata AKP M. Daud.

 

Setelah pelaksanaan apel gabungan dilanjutkan dengan Pelaksaan Tes Urine yang dilaksanakan bagi Petugas Pemasyarakatan dan Warga Binaan Pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Petugas Puskesmas Idi Rayeuk dan diawasi oleh Jajaran Polres Aceh Timur.

Baca Juga :  Rutan Kelas IIB Banda Aceh Fasilitas Sidang Online WBP

 

Disela-sela pengawasan dalam Tes Urine Kasat Binmas Polres Aceh Timur, AKP M. Daud, S.H., memberikan bimbingan terhadap tupoksi polsuspas dan terus menjalin sinergitas antar aparat penegak hukum.

 

Kepala Lapas Kelas IIB Idi, Irhamuddin melalui Kasi Binadik Giatja, T. Dermawan mengatakan dibawah Kepemimpinan Kakanwil Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman, UPT Pemasyarakatan se-Aceh didorong untuk selalu bersinergi dan membangun hubungan baik dengan seluruh stakeholder.

 

“Kita perlu menciptakan hubungan baik dan berkolaborasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi. Baik itu dengan Aparat Penegak Hukum, Pemerintah Daerah serta Instansi terkait,” ucap T. Dermawan.

Baca Juga :  301 Narapidana beragama Kristen di Lapas Kelas II A Pematang Siantar mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Natal Tahun 2023, sebanyak 3 orang diantaranya langsung bebas.*

 

Menurut T. Dermawan, Kegiatan tes urine dilaksanakan sebagai bentuk langkah progresif dan upaya serius untuk berkomitmen dalam memberantas narkoba. Selain itu, ini merupakan langkah dalam mencegah penyalahgunaan narkoba di Lapas Kelas IIB Idi.

 

Hasil yang didapat dari pemeriksaan tes urine bahwa sebanyak 51 orang pegawai Lapas Kelas IIB yang hadir, dinyatakan Negatif dari penyalahgunaan Narkotika;

 

Setelah dilakukan Tes Urine bagi pegawai dilanjutkan dengan Tes Urine bagi Warga Binaan Pemasyarakatan yang akan mengusul PB dan CB sebanyak 30 orang WBP, dengan Hasil yang didapat yaitu Negatif dari penyalahgunaan Narkotika.

No More Posts Available.

No more pages to load.