Hari Raya Idul Fitri 1444 H, 516 Warga Binaan Lapas Muara Enim Terima Remisi 4 diantaranya Langsung Bebas.

oleh -1179 Dilihat

.
Muara Enim – Hari Raya Idul Fitri 1444 H di sambut bahagia oleh seluruh warga Binaan Lapas Muara Enim

Pada hari kemenangan ini, Lapas Muara Enim menggelar Shalat Eid Bersama di masjid Al – Muzakkir Lapas Muara Enim yang di ikuti langsung oleh Kalapas Muara Enim Herdianto beserta Jajarannya dan Warga Binaan lainnya yang memenuhi masjid. Sabtu, (22/04/2023)

Turut hadir Kasibinadik Taufik, Kasiminkamtib Agusnadi, Ka. KPLP Ressy Setiawan, Kasubsi Regbimkemas Akbar Guntara serta para pejabat struktural dan Petugas Lainnya.

Adapun bertindak selaku Imam Shalat Eid Kali ini adalah Ustadz H. M. Amin., Lc., M.Si, dalam sambutannya Kalapas Muara Enim Herdianto menyampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H, Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Herdianto Membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM RI bahwa Idul Fitri selalu menjadi momen yang dinanti-nanti oleh umat muslim seluruh dunia. Momen ini menjadi saat yang tepat bagi kita untuk saling memaafkan dan mempererat tali silaturahmi, baik antara sesama manusia maupun dengan sang pencipta.

Baca Juga :  IKM Kota Lubuklinggau Adakan Pengajian Bulanan

” Makna Idul Fitri berarti kembalinya seseorang kepada keadaan suci atau keterbebasan dari segala dosa, kesalahan, kejelekan dan keburukan sehingga berada dalam kesucian atau fitrah. Idul Fitri merefleksikan sebuah kemenangan atas perjuangan sebulan penuh menahan hawa nafsu,” Ujarnya

“Sebagai manusia yang tak luput dari dosa dan kesalahan, baik disengaja maupun tidak sengaja. Dan setiap kesalan tentu akan diikuti konsekuensinya. Dan sebaik-baik manusia yang melakukan kesalahn adalah orang-orang yang segera bertaubat,” Lanjutnya

Kemudian Herdianto menuturkan bahwa Masa pidana yang saudara jalani sekarang merupakan kesempatan untuk introspeksi diri dan sarana untuk mengasah kemampuan spiritual maupun intelektual agar menjadi bekal hidup setelah saudara dinyatakan bebas.

Baca Juga :  Lapas Singkawang Raih Perhargaan UPT Terbaik Pertama Capaian Kinerja Anggaran Di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar

“Pemberian remisi merupakan wujud nyata dari sikap negara sebagai reward kepada narapidana yang senantiasa selalu berusaha berbuat baik. Saya berharap, remisi yang diberikan pada hari ini dapat memotvasi saudara untuk terus melakukan perbaikan diri dan menghindari perbuatan yang melanggar hukum,” Tandasnya

Seusai membacakan sambutan Menteri, Kalapas Muara Enim Herdianto mengajak kepada seluruh warga binaan untuk konsisten berperan aktif dalam mengikuti segala bentuk program pembinaan.

Kepada warga binaan yang mendapatkan remisi, khusus nya yang bebas saya ucapkan selamat dan mengingatkan saudara agar terus meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Diakhir kegiatan Kalapas Muara Enim Herdianto memberikan langsung secara simbolis Remisi Khusus Hari Raya kepada para Warga Binaan.

Baca Juga :  11 Agen Perubahan Lapas Muara Enim Siap Jadi Contoh Dan Penggerak Perubahan

Pada Idul Fitri Tahun ini ada 516 Warga Binaan Lapas Muara Enim yang mendapatkan Remisi.

516 Warga Binaan tersebut terdiri atas 508 Narapidana Laki Laki dan 8 Narapidana Perempuan.

Adapun rincian remisi kali ini adalah untuk yang RK I (pengurangan sebagian) berjumlah 509 Narapidana yang terdiri Remisi 15 hari ada 132 orang, Remisi 1 Bulan ada 355 orang, Remisi 1 Bulan 15 hari ada 20 orang dan Remisi 2 bulan ada 2 orang.

Selanjutnya Herdianto menjelaskan untuk yang menerima RK II (langsung bebas) ada 7 orang Narapidana namun 3 Orang diantaranya masih harus menjalani Subsider, sehingga ada 4 orang yang hari ini lansung bebas.

Kegiatan berjalan aman dan tertib dan di selimuti suasana bahagia.

No More Posts Available.

No more pages to load.