Ikuti Desk Evaluasi Zona Integritas, TPI Apresiasi Inovasi Layanan Publik Rutan Pinrang

oleh -84 Dilihat

RUTAN PINRANG — Bertempat di Aula Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan, Tim Zona Integritas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Pinrang yang dipimpin oleh Kepala Rutan, Wahyu Trah Utomo, ikuti Desk Evaluasi Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2022 dari Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham RI, Rabu (25/5/2022).

 

Kegiatan ini dimulai Pukul 11.00 Wita hingga 14.00 Wita yang dipandu oleh Nur Sofiyah bersama Ketua Tim, Nasruddin Nurdiansyah dan Anggota, Dita Priandini, Reni Melinda Hutapea dan Prasetya Putra Perdana.

 

Desk Evaluasi di awali dengan penampilan yel-yel, dilanjutkan pemutaran video jingel, selanjutnya pemutaran video profil kemudian paparan oleh Kepala Rutan yang diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh masing-masing Kelompok Kerja (Pokja) Zona Integritas.

Baca Juga :  Jelang Hari Raya Idul Adha, Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel terima pengarahan Kakanwil Kemenkumham Sumse

 

Saat paparan, Kepala Rutan, Wahyu Trah Utomo, menyampaikan, perubahan yang telah dilakukan oleh Rutan Pinrang sejak meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) tahun 2019 hingga proses WBBM di tahun 2022.

 

“Sejak meraih prdikat WBK di tahun 2019 hingga saat ini, banyak perubahan yang telah dilakukan oleh Rutan Pinrang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,” terang Karutan.

 

Beragam inovasi dan program unggulan, Sambung Karutan, telah dicetuskan oleh Rutan Pinrang yang terimplementasi dalam enam area perubahan yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penguatan Sumber Daya Manusia, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan Pengawasan dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik.

 

Lebih lanjut, Karutan Pinrang juga menguraikan satu persatu inovasi unggulan yang dimiliki oleh Rutan Pinrang, diantaranya layanan I Care You berupa layanan konsultasi bagi Warga Binaan dan keluarga yang kurang harmonis.

Baca Juga :  LAPAS MUARA ENIM LAKUKAN PEMINDAHAN 33 ORANG NARAPIDANA

 

Selanjutnya, Layanan Pendidikan Masyarakat (Yandikmas) yang diberikan kepada Warga Binaan dan Masyarakat umum yang putus sekolah berupa Pendidikan Kesetaraan Paket A, B dan C.

 

Selain itu, ada juga Layanan Full Week Service yang memberikan pelayanan titipan makanan dan barang setiap hari termasuk hari libur bagi keluarga Warga Binaan di Rutan Pinrang.

 

Melalui inovasi-inovasi tersebut, Kepala Rutan Pinrang berharap dapat meraih predikat WBBM tahun ini.

 

“Mudah-mudahan tahun ini, iktikad baik kita, berkat kerja sama, usaha dan doa dari seluruh jajaran, Rutan Pinrang dapat meraih predikat WBBM tahun 2022,” harap Karutan.

Baca Juga :  Hasil Karya Warga Binaan Lapas Muara Enim, Juarai Lomba Kebaya Kartini yang diadakan oleh Pemkab Muara Enim

 

Sementara itu, Ketua Tim TPI, Nasruddin Nurdiansyah, menyampaikan apresiasi kepada Rutan Pinrang atas semangat membangun Zona Integritas hingga saat ini.

 

“Kami memberikan apresiasi atas semangat dan inovasi layanan yang telah ditunjukkan oleh Rutan Pinrang, kami harap, semangat itu terus dipertahankan hingga penilaian TPN,” harap Nasruddin.

 

Nasruddin juga menghimbau agar selalu menjaga citra positif Rutan Pinrang dari segala pemberitaan miring.

 

“Sejauh pemantauan kami, Rutan Pinrang cukup aktif dalam pemberitaan, terus pertahankan, jalin komunikasi yang baik dengan Wartawan, mudah-mudahan tidak ada pemberitaan miring yang dapat menjatuhkan dalam penilaian TPN,” pungkasnya.

 

Kontributor: Humas Rutan Pinrang

No More Posts Available.

No more pages to load.