Kalapas Muara Enim Herdianto ikuti Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan ” Mitigasi Bencana Tahun 2022

oleh -910 Dilihat

Palembang – Kalapas Muara Enim Herdianto bersama Ka.KPLP Ressy Setiawan ikuti kegiatan Sosialisasi Teknis Pemasyarakatan “Mitigasi Bencana Tahun 2022. Bertempat di Hotel Aryaduta Palembang, Selasa (22/11/2022).

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yakni dari tanggal 21/11 – 22/11 yang dibuka oleh Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto melalui Kepala Divisi Administrasi Idris diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Tekhnis Pemasyarakatan Jajaran Kanwil Kemenkumham Sumsel.

Pada pembukaan kegiatan, Kadivmin Idris dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu gangguan penyelenggaraan pemasyarakatan adalah “Bencana”. Baik itu bencana alam seperti banjir, gempa, longsor ataupun bencana yang disebabkan oleh human error seperti kebakaran.

Baca Juga :  Pacu Kinerja dan Disiplin, LPKA Kelas I Palembang Berikan Penghargaan Pegawai Teladan dan Pegawai Pelayanan Terbaik

“Berkenaan dengan hal-hal tersebut, maka diperlukan adanya tindakan ataupun upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko dan dampak yang diakibatkan oleh bencana tersebut”, ungkap Idris.

Dikatakannya, penanggulangan bencana merupakan salah satu wujud dari upaya untuk melindungi manusia dan lingkungannya, merupakan tugas dan kewajiban bersama pemerintah dan masyarakat. Penanggulangan bencana dititik beratkan pada kegiatan pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan dan kewaspadaan untuk memperkecil, dan mengurangi risiko dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam atau bencana non alami.

Baca Juga :  Peringati Nuzulul Qur’an, Batalyon Mandala Yudha Kostrad Gelar Lomba Dan Santuni Anak Yatim

“Memperhatikan beberapa kejadian bencana di UPT Pemasyarakatan, pimpinan perlu menentukan prioritas program penanggulangan bencana di lingkungan Pemasyarakatan, hal ini diperlukan sebagai upaya dalam rangka menuju UPT Pemasyarakatan yang tangguh terhadap bencana”, ujarnya.

Selain itu, dalam rangka menuju UPT Pemasyarakatan Tangguh Bencana, terdapat 3 pilar yang perlu disiapkan guna menuju UPT Pemasyarakatan tangguh bencana, yakni Infrastruktur UPT Pemasyarakatan, Kesiapsiagaan Bencana, dan Penanganan Darurat UPT Sumatera Selatan. Ketiga pilar tersebut di atas harus selalu dimonitoring, dievaluasi, dan dilatihkan.

Kemudian ia juga menyampaikan maksud dan tujuan diselenggarakannya kegiatan Sosialisasi tersebut. Yaitu memberikan pengetahuan dan kemampuan bagi UPT Pemasyarakatan dalam melakukan penanggulangan bencana dan meniadikan setiap UPT Pemasyarakatan menjadi UPT yang Tangguh Bencana

Baca Juga :  Ketua TP. PKK Kab. Muara Enim Apresiasi Balai Latihan Produktif dan Dapur Sehat Lapas Muara Enim pada Kegiatan Penyerahan Bantuan kepada Warga Binaan Perempuan dan Anak

Dalam kesempatan itu, tampak terlihat Kalapas Muara Enim Herdianto dan Ka.KPLP Ressy Setiawan mengikuti dan menyimak secara antusias setiap rangkaian kegiatan yang di laksanakan.

Herdianto menerangkan bahwa apa yang didapat dalam kegiatan ini akan menjadi pedoman dan diimpelementasikan sebaik mungkin guna mencegah dan mengurangi risiko dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana yang tidak diinginkan.

No More Posts Available.

No more pages to load.