Kokohkan Jiwa Patriotisme, Lapas Muara Enim Gelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Tahun 2023

oleh -138 Dilihat

Muara Enim – Lapas Muara Enim menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, Sabtu (28/10).

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang bertemakan “Bersama Majukan Indonesia” di pimpin oleh Kasi Binadik Taufik.

Ia berkesempatan membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Ario Bimo Nandito Ariotedjo.

Sementara, bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Kasubsi Portatib Akbar Guntara, dan Komandan Upacara ialah Kasubsi Regbimkemas, Angger Purwito.

Baca Juga :  Terkait Pengelolaan Sampah, Rutan Banda Aceh Jalin Kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Aceh Besar

Upacara diikuti oleh Kasi Minkamtib Agusnadi, Pejabat Administrasi, Pejabat Fungsional Tertentu, dan seluruh pegawai yang kompak menggunakan seragam kebanggaan korps pegawai negeri, batik korpri.

Melalui peringatan yang mengusung tema “Bersama Majukan Indonesia” ini, Kalapas Muara Enim melalui Kasi Binadik Taufik mengungkapkan bahwa peringatan Hari Sumpah Pemuda dapat dimaknai sebagai momentum pengingat sejarah perjuangan dan gotong royong seluruh elemen pemuda di Indonesia.

“Momen ini untuk mengingat sejarah elemen pemuda yang berhasil menebar jiwa patriotik sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928,” kata Taufik, bertempat di Lapangan Upacara Lapas Muara Enim.

Baca Juga :  Penuhi Hak Warga Binaan, Klinik Lapas Bukittinggi Lakukan Pengobatan dan Pengawasan Terhadap WBP yang Terjangkit TBC

Pada peringatan ini pula, Pemuda Indonesia diharapkan dapat membangkitkan semangat dan tekad dalam memajukan negeri.

Setiap pemuda, lanjut Taufik, harus mempunyai visi, misi dan peran strategis setidaknya untuk 30 tahun mendatang agar pembangunan dapat berlari lebih cepat.

Guna mewujudkannya, Taufik menyampaikan pesan Menpora untuk mengajak seluruh elemen bangsa menghimpun kekuatan dan semangat bergerak, melalui kerja kolaboratif antar generasi.

“Strategi paling ampuh adalah dengan tolong-menolong lintas generasi dan gotong-royong lintas sektor,” ujarnya.

Baca Juga :  35 Warga Binaan Lapas Muara Enim Jalani Sidang Litmas

“Karena kerja kolaboratif ini sesuai dengan amanah undang-undang no 40 tahun 2009 tentang kepemudaan dan Perpres no 43 tahun 2022 tentang koordinasi lintas sektor, ” tandasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.