Lakukan Pendekatan Keamanan Secara Persuasif Melalui Kegiatan Sapa Warga Binaan

oleh -287 Dilihat

BANYUWANGI – Upaya untuk menciptakan kondisi Lapas Banyuwangi selalu dalam keadaan aman dan kondusif terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan pendekatan keamanan secara persuasif yang dilaksanakan melalui kegiatan Sapa Warga Binaan pagi ini, Senin (31/10/2022).

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh petugas usai pelaksanaan apel pagi dengan menyebar ke tiga blok hunian, yaitu blok wanita, blok timur dan blok barat.

“Kami upayakan untuk melakukan pendekatan keamanan secara persuasif dengan menjalin komunikasi dan merangkul warga binaan untuk turut membantu menjaga kondusifitas keamanan, serta menampung dan menindaklajuti keluhan warga binaan,” ujar Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto.

Baca Juga :  Kemenkumham Masuk 3 Terbaik Badan Publik Informatif Kategori Kementerian

Wahyu menyebutkan bahwa kegiatan Sapa Warga Binaan itu juga dimanfaatkan oleh petugas untuk melakukan sosialisasi terkait dengan kesehatan dan kebersihan blok hunian.

“Tentu harapan kami agar para warga binaan ini dapat menjaga kesehatan yang bisa dilakukan dengan melakukan olah raga secara rutin dan menjaga kebersihan blok serta kamar hunian masing-masing,” tuturnya.

Selain itu, petugas yang bertugas di bagian registrasi dan pembinaan sedikit menjelaskan mengenai hak-hak warga binaan yang bisa diajukan jika sudah memenuhi syarat, seperti asimilasi, cuti bersyarat dan pembebasan bersyarat.

Baca Juga :  Jelang Tutup Tahun 2022, Kalapas Muara Enim Herdianto Berikan Sertifikat Program Pesantren Madrasah Diniyah Takmiliyah Al - Istiqomah kepada 28 Warga Binaan

“Sehingga dapat menghindari terjadinya kesalahan informasi mengenai hak-hak integrasi warga binaan,” imbuhnya.

Wahyu pun mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan salah satu upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas yang berada di bawah naungan Kanwil Kemenkumham Jatim tersebut.

“Selain melakukan komunikasi, kami juga melakukan kontrol pada seluruh blok hunian. Hal ini kami lakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang mungkin bisa mengakibatkan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” pungkasnya. (Humas Lapas Banyuwangi)

No More Posts Available.

No more pages to load.