Lapas Bukittinggi Luncurkan ‘Kamis Klimis’: Inovasi Bersih-Bersih Fasilitas Umum untuk Kenyamanan Publik

oleh -65 Dilihat

HumasLabukti – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bukittinggi memperkenalkan inovasi terbarunya yang diberi nama “Kamis Klimis”. Program ini menargetkan kebersihan fasilitas umum yang diperuntukkan bagi kenyamanan publik, seperti mushalla, toilet, ruang tunggu kunjungan, ruang laktasi, dan area bermain anak. Kamis, 28 Desember 2023.

 

“Kamis Klimis” merupakan inisiatif kreatif dari Lapas Bukittinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan menjadikan lingkungan Lapas lebih bersahabat bagi pengunjung. Setiap hari Kamis, para narapidana yang terlibat dalam program rehabilitasi di Lapas secara sukarela turut serta dalam kegiatan bersih-bersih ini.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumatera Selatan ikuti Rapat Koordinasi Daerah Pelaksanaan Anggaran Tahun 2022 secara online

 

Kepala Lapas Kelas IIA Bukittinggi, Bapak Herdianto, menyatakan bahwa “Kamis Klimis” tidak hanya bertujuan untuk memastikan kebersihan, tetapi juga untuk memberikan peluang kepada narapidana untuk berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. “Inovasi ini bukan hanya tentang membersihkan fasilitas, tetapi juga memberikan kesempatan kepada narapidana untuk belajar nilai-nilai kebersihan, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan,” ujarnya.

 

Selain membersihkan fasilitas umum di dalam Lapas, kegiatan “Kamis Klimis” juga melibatkan pembersihan area sekitar Lapas, termasuk parkiran dan pekarangan. Para narapidana yang terlibat dalam program ini dilengkapi dengan perlengkapan kebersihan dan diberikan arahan tentang prosedur kebersihan yang baik.

Baca Juga :  Tingkatkan Pembinaan Kepribadian Bagi Warga Binaan, Rutan Banda Aceh Terima Bantuan Iqra dan Yasin

 

Masyarakat sekitar Lapas dan pengunjung yang telah merasakan dampak positif dari “Kamis Klimis” memberikan apresiasi terhadap upaya Lapas Bukittinggi dalam menciptakan lingkungan yang bersih dan nyaman. Program ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pemasyarakatan lainnya di seluruh Indonesia untuk mengimplementasikan inisiatif serupa demi kenyamanan dan kebersihan fasilitas umum.

 

Dengan “Kamis Klimis”, Lapas Bukittinggi tidak hanya menunjukkan komitmennya terhadap rehabilitasi narapidana, tetapi juga menjelma sebagai agen perubahan positif dalam masyarakat.

No More Posts Available.

No more pages to load.