Lapas Muara Enim Ikuti kegiatan Diseminasi Layanan Kanwil Kemenkumham Sumsel dan Penyusunan SOP

oleh -130 Dilihat

Palembang – Lapas Muara Enim mengikuti pembukaan kegiatan diseminasi layanan kanwil kemenkumham sumsel dan penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP). Bertempat The Alts Hotel Palembang. Jum’at, (21/juli/2023)

Kepala Kantor Wilayah, Dr. Ilham Djaya saat membuka kegiatan ini mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang sudah menyempatkan hadir dalam kegiatan Diseminasi Layanan Kanwil Kemenkumham Sumsel ini.

Selain mengenalkan sederet pelayanan pada Kanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya mengatakan bahwa berbagai inovasi dan perubahan layanan pada Kanwil Sumsel merupakan bukti komitmen dalam mendukung arah kebijakan transformasi birokrasi 2024.

“Kemenkumham berupaya mengakselerasi implementasi integrasi proses bisnis, data dan informasi, insfrastruktur SPBE, aplikasi SPBE dan keamanan SPBE untuk Pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik”, tegasnya.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumsel Terima Penghargaan Inovasi layanan Kekayaan Intelektual 2023

Selain itu, lanjut Ilham Djaya, Kemenkumham hadir dalam mendorong eksistensi UMKM melalui pendirian entitas

Perseroan Perorangan dengan tanggung jawab terbatas, yang diatur dalam Undang-Undang Cipta Kerja.

“Pemerintah juga sudah mengesahkan UU Nomor 6 Tahun 2023 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah pengganti UU No 2 Tahun 2022 tentang cipta kerja. Dengan diundangkannya ini berimplikasi terhadap diberikannya ruang kepada masyarakat khususnya usaha mikro, kecil, dan menengah untuk membuka usaha baru,” ungkap Kakanwil.

Menurutnya Usaha Mikro dan Kecil berperan sebagai penggerak perekonomian nasional. “Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2018, Industri Mikro dan Kecil tercatat sebanyak 64 juta usaha, dimana hal ini dapat menyerap tenaga kerja sebanyak 113,8 juta orang. Untuk itu perlu kemudahan memulai usaha (starting a business) berbentuk Perseroan Perorangan untuk UMKM,” ungkap Ilham.

Baca Juga :  Wahdah Pinrang Tebar Ifthar di Rutan Pinrang

Selanjutnya, Kakanwil menyampaikan bahwa pada layanan Kekayaan Intelektual, Kemenkumham Sumsel memfasilitasi pendaftaran mulai dari merk, cipta, desain industri, paten, dan masih banyak lagi. penganuan layanan itu, dikatakannya dapat dijangkau melalui digital, bahkan terintegrasi dengan laman mitra kerja serta stakeholder lainnya. Misalnya pada laman website Kantor Bea Cukai Palembang, Pendaftaran Layanan Perseroan Perorangan dan Layanan Kekayaan Intelektual juga sudah ditempatkan pada portal Kemenkeu Satu.

“dalam meningkatkan layanan terpadu satu pintu dan mengakomodir semua jenis layanan itu, diciptakan inovasi Sistem Informasi Kolektif Online Kemenkumham Sumsel (SIKOK Sumsel) pada laman sikok-sumsel.kemenkumham.go.id,”.

Baca Juga :  Produk Batik Hasil Karya WBP Lapas Muara Enim Berpeluang Ciptakan UMKM

“Saya harap seluruh jajaran Kemenkumham Sumsel dapat terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten maupun lembaga setempat untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik”, Pesan Kakanwil

Lapas Muara Enim mengutus 1 (satu) orang Pegawai selaku Operator Penyusunan SOP Rino Hantoro untuk mengikuti kegiatan Diseminasi Layanan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM dan Pendampingan Penyusunan SOP di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel.

No More Posts Available.

No more pages to load.