Lapas Muara Enim ikuti Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Halaman Kantor Bupati Muara Enim

oleh -598 Dilihat

 

Muara Enim – Peringatan Hari Bela Negara masih terus berlangsung guna merefleksikan tekad yang ada pada diri setiap warga negara dalam upaya menjaga rasa cinta tanah air.

Terkait hal itu, Kalapas Muara Enim Herdianto melalui Kasiminkamtib Agusnadi menghadiri Upacara Peringatan Hari Bela Negara di Halaman Kantor Bupati Muara Enim. Rabu, (21/12/2022)

Upacara Peringatan Hari Bela Negara yang di pimpin langsung oleh Pj. Bupati itu di ikuti pula oleh Kapolres Muara Enim, Dandim 0404 Muara Enim, Kajari Muara Enim dan Unsur Forkopimda lainnya.

Pj. Bupati Kurniawan dalam amanatnya membacakan sambutan Presiden Joko Widodo mengatakan, pada tanggal 19 Desember 2022 diperingati sebagai Hari Bela Negara yang ke-74.

Baca Juga :  Atlit Tapak Suci Kota Lubuklinggau Raup 4 Emas, 5 Perak dan 5 Perunggu

Ia berharap melalui peringatan ini, dapat meneguhkan niat kita bahwa upaya membela negara adalah upaya bersama yang dilakukan seluruh komponen bangsa.

“Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara. Kita harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yg semakin berkembang pesat dan kompeks di segala bidang” ungkapnya.

Untuk itu, Presiden Jokowi mengajak seluruh pihak harus terus membangun SDM yang unggul, produktif, dan inovatif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim Kemenkumham Sumsel ikuti rapat persiapan HDKD secara virtual

Menurutnya, Bela Negara adalah sikap, perilaku, dan tindakan warga negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dlm menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah serta kesemalatan bangsa dan negara.

“Bela negara juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan  dengan penuh kesadaran, tanggung jawab dan rela berkorban dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” katanya.

Dikatakannya, nilai dasar bela negara adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai Ideologi Negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara dan kemampuan awal bela negara.

Baca Juga :  Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Idi Terima Kunjungan Tim Satopatnal Divisi PAS Kanwil Aceh

Menurutnya nilai-nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik di lingkungan pendidikan, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Ia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggung jawab sesuai dgn peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam bela negara

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita untuk semakin tingkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban, dlm membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan NKRI,” tutupnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.