Lapas Muara Enim Laksanakan Skrining Active Case Finding (ACF) TBC dan Intervensi Chest X-Ray Bagi Warga Binaan

oleh -478 Dilihat

Muara Enim – Lapas Muara Enim melaksanakan kegiatan Active Case Finding (ACF) TBC melalui Skrining Gejala dan Intervensi Chest X-Ray Tahun 2023 kepada Warga Binaan bertempat di Aula Lapas Muara Enim . Senin (18/09).

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Lapas Muara Enim yang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Muara Enim dan Puskesmas Muara Enim akan melakukan skirining dan Rontgen dada sebanyak 1090 Orang warga binaan .

Dimana pelaksanaan Skirining TBC bagi Warga Binaan ini merupakan tindak lanjut dari surat Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS.6-PK.06.07-710 perihal Skrining TBC dengan intervensi Rontgen dada dimana sebanyak 206.330 Tahanan/Narapidana/Anak/Anak Binaan yang tersebar pada 374 Lapas/Rutan pada 291 Kab/Kota pada 33 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga :  Bhakti Sosial Donor Darah, Warnai Semarak HBP Ke-60 Tahun 2024

Kalapas Muara Enim, Herdianto menyampaikan bahwasannya kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kemenkumham dalam hal ini DitjenPAS dengan Kemenkes RI sebagai deteksi dini untuk mengatasi penularan TBC khususnya pada Warga Binaan di Lapas

“Melalui kegiatan skrining ini dapat mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif dan masif pada kelompok komunal yg berisiko tinggi / rentan terhadap penularan / penyebaran di dalam komunitas khususnya Lapas sehinggapenemuan dini dan pengendalian infeksi serta penularan dapat dicegah.”, Tuturnya.

Baca Juga :  Lapas Muara Enim Gelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H

Kegiatan ini langsung di monitori oelh Kalapas Muara Enim dan jajaran nya .

No More Posts Available.

No more pages to load.