Menjelang Jumat Agung, Warga Binaan & Petugas Lapas Kelas I Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Laksanakan Ibadah Kamis Putih

oleh -163 Dilihat

Gerakrakyat.com , (14/04)-Kamis Putih merupakan perayaan mengenang perjamuan terakhir Yesus Kristus dengan para murid sebelum menjalani penderitaan dan wafat disalib.

 

Kamis Putih merupkan salah satu dari hari Tri Suci. Hari Tri Suci merupakan rangkaian akhir dari Paskah yang meliputi Kamis Putih, Jumat Agung, dan Misa Kebangkitan Yesus yang kerap dikenal dengan sebutan Malam Paskah. Ketiga hari ini merupakan hari-hari penting saat menjelang Hari Paskah. Tri Hari Suci ini merupakan ibadah bagi umat Kristiani, khususnya Katolik, dalam peringatan kematian hingga kebangkitan Yesus.

Baca Juga :  Satukan Visi dan Misi Bersama, Karupbasan Hadiri Apel Organik di Lapas perempuan Martapura

 

Menjelang peringatan wafatnya Yesus Kristus, warga binaan beserta jajaran pegawai umat kristiani Lapas Kelas I Cipinang melaksanakan ibadah kamis putih yang merupakan rangkaian dari ibadah paskah. Kegiatan dilaksanakan bertempat di Gereja Jemaat Petrus Lapas Kelas I Cipinang pada pukul 2 siang, Kamis (14/04).

 

Kegiatan ibadah berjalan dengan aman, kondusif dan penuh sukacita dengan dipimpin langsung oleh Rm. Yulius Edyanto MSF. Kegiatan ibadah kamis putih ini turut dihadiri oleh Paroki Rawamangun.

 

Rm. Yulius menyampaikan pesan dan makna pelaksanaan ibadah kamis putih kepada jemaat yang hadir, yakni bahwa Ibadah Kamis Putih memiliki makna dimana Yesus mengajarkan jika seorang pemimpin bukanlah pihak yang dilayani, tetapi sebaliknya. Pemimpin adalah pihak yang melayani.

Baca Juga :  Peduli Kesehatan Warga Binaan, Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Rutin Berikan Pelayanan Kesehatan

“Tidak hanya itu, peringatan Kamis Putih masih memiliki makna yang bisa dijadikan pembelajaran terkait empat hal di antaranya pelayan, kerendahan hati, kebersamaan, dan kesederhanaan,” ujarnya.

 

Tonny Nainggolan selaku Ka. Lapas Kelas I Cipinang sangat mendukung kegiatan pembinaan kerohanian bagi warga binaan Lapas Kelas I Cipinang, salah satunya dengan adanya rangkaian kegiatan ibadah paskah, Kamis Putih.

“Walaupun secara hukum berstatus Narapidana dan tinggal didalam penjara, tetapi mereka secara hak berhak mendapatkan pemenuhan kebutuhan rohani dan beribadah.

Baca Juga :  RESPON CEPAT, KALAPAS NARKOTIKA BANYUASIN BERIKAN KLARIFIKASI TERKAIT PEMBERITAAN NEGATIF

Untuk itu, kami (Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang) sangat berkomitmen dalam mendukung dan memenuhi kebutuhan warga binaan dengan memfasilitasi sarana beribadah serta prasarana penunjang lainnya dan tentunya memiliki stakeholder yang siap bekerjasama untuk mensukseskan tujuan dan fungsi Pemasyarakatan,” ujar Tonny.

No More Posts Available.

No more pages to load.