Rutan Cipinang Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta Gelar Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1443H Bersama Ribuan Warga Binaan

oleh -194 Dilihat

Jakarta – Minggu (10/07/2022) adalah hari yang ditetapkan pemerintah sebagai Hari besar umat Islam yaitu Perayaan Idul Adha 1443H. Sebagai umat beragama, Keluarga besar Rutan Kelas I Cipinang menggelar Shalat Ied berjamaah yang diikuti oleh para petugas dan ribuan warga binaan.

 

Pada kesempatan kali ini, Sholat berjamaah digelar di Lapangan Rutan Kelas I Cipinang. Tak kurang dari 2.000 jamaah yang terdiri atas petugas dan warga binaan mengikuti Shalat berjamaah tesebut. Sholat berjamaah dimulai pada pukul 06.30 WIB, namun sejak pukul lima pagi dini hari para jamaah telah berkumpul di lapangan guna membentuk shaf untuk menjalankan sholat berjamaah diiringi dengan seruan takbir.

Baca Juga :  Doa Bersama Petugas Lapas Muara Enim dan WBP untuk KRI Nanggala 402 dan 53 Awak Kapal

 

Pada pukul 06.30 WIB, Husni Mubarok selaku Pembina Kerohanian Islam Rutan Kelas I Cipinang membuka acara dan dilanjutkan dengan pembacaan laporan dari Ketua Panitia pelaksanaan Sholat berjamaah dan Penyembelihan hewan Qurban Resnu Parada Andika yang juga menjabat Kepala Seksi Pelayanan Tahanan.

 

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Rutan Kelas I Cipinang, Jaya Saragih. Pada sambutannya Karutan memberi salam hangat bagi seluruh Jamaah yang hadir serta menyampaikan hikmah dari berqurban.

Baca Juga :  18 Orang Petugas Lapas Muara Enim ikuti Pendampingan dan Pembekalan Calon Assesor Resiko dan Kebutuhan oleh Supervisor Bapas Lahat

 

“Hadirin yang berbahagia, kiranya kita dapat mengambil hikmah atas peristiwa Nabi Ibrahim yang mengorbankan anaknya Nabi Ismail untuk disembelih sebagai ujian sampai dimana ketaqwaan Nabi Ibrahim kepada Tuhannya. Namun atas kehendak dan kekuasaan-nya Nabi Ismail diganti oleh seekor domba yang bermakna kita sebagai manusia hendaklah rela berkorban baik dalam bentuk harta, benda, maupun jiwa raga. Sebagai umat Muslim kita sebaiknya meneladani sikap dari Nabi Ibrahim agar kita semakin beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT”, Tutur Jaya Saragih.

Baca Juga :  Deteksi Dini Gangguan Kamtib, Lapas Muara Enim Laksanakan Penggeledehan Insidentil

 

Setelah sambutan dari Kepala Rutan Kelas I Cipinang, para Jamaah melaksanakan Sholat Idul Adha bersama di Lapangan Rutan Kelas I Cipinang. Sholat dipimpin oleh Ustadz Ahmad Rifqi yang dialnjutkan dengan ceramah oleh Ustadz Muhammad Sidiq l, S.Th.I, M.Ag.

 

Usai dilaksanakannya Sholat Idul Adha, acara dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Di hari yang sama seluruh hewan qurban disembelih kemudian diolah menjadi masakan dan diberikan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan.

No More Posts Available.

No more pages to load.