Satgas Kamtib Kemenkumham Jatim Geledah Kamar Hunian Lapas Banyuwangi, Petugas Sita Pisau Modifikasi

oleh -884 Dilihat

BANYUWANGI – Satgas Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kemenkumham Jawa Timur melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Lapas Banyuwangi, Selasa (28/3) dini hari. Dalam sidak tersebut, petugas melakukan penggeledahan beberapa kamar hunian warga binaan.

Penggeledahan dipimpin langsung oleh Kadiv Pemasyarakatan Kemenkumham Jatim Teguh Wibowo dengan didampingi Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto.

Petugas melakukan penggeledahan pada enam kamar hunian warga binaan blok narkoba.

Dari penggeledahan yang berlangsung sekitar 90 menit tersebut ditemukan beberapa pisau modifikasi dan benda-benda yang disinyalir dapat menyebabkan gangguan kamtib.

Baca Juga :  PASTIKAN TAHANAN KURANG MAMPU MENDAPATKAN PENYULUHAN DAN BANTUAN HUKUM, RUTAN PADANG GANDENG PBHI SUMBAR

Teguh mengatakan, penggeledahan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memastikan Lapas Banyuwangi tetap berada dalam kondisi yang aman pada bulan suci Ramadhan.

“Ini juga merupakan langkah deteksi dini yang kami lakukan untuk mewujudkan Lapas terhindar dari segala bentuk gangguan kamtib,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Teguh, timnya ingin memastikan bahwa di Lapas Banyuwangi terbebas dari peredaran gelap handphone dan narkoba.

“Dari hasil penggeledahan yang kami lakukan tidak ditemukan handphone maupun narkoba,” sebutnya.

Baca Juga :  Ketua IWO Mura - Linggau Sampaikan Apresiasi Kepada Fraksi PAN Atas Dorongan Kenaikan Anggaran Publikasi

Sementara itu, Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menyebut pihaknya akan terus melakukan perang terhadap peredaran halinar (handphone, pungli dan narkoba) di dalam Lapas.

“Kami telah berkomitmen untuk menciptakan Lapas Banyuwangi terbebas dari halinar,” katanya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Wahyu menjelaskan bahwa ia beserta jajarannya intensif melakukan deteksi dini serta mempererat sinergi dengan aparat penegak hukum (APH) lain.

“Deteksi dini kami lakukan dengan intensi menggeledah blok maupun kamar hunian dan melakukan pendekatan secara persuasif dengan warga binaan, serta kami juga libatkan rekan-rekan dari APH lain untuk membantu mewujudkan Lapas Banyuwangi yang aman, tertib dan kondusif,” pungkasnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.