Sekretariat Unit Pelayanan Publik Kemenko Polhukam Laksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan SP4N-LAPOR!

oleh -153 Dilihat

Sekretariat Unit Pelayanan Publik Kemenko Polhukam Laksanakan Bimbingan Teknis Pengelolaan SP4N-LAPOR!

GERAKRAKYAT.COM, Bekasi – Sekretariat Unit Pelayanan Publik Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan melaksanakan bimbingan teknis pengelolaan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!) di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (6/4/2021). Tujuannya agar pemahaman teknis pelaksanaan pelayanan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR! dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

“Pelaksanaan bimbingan teknis ini diharapkan dapat memberi pemahaman terkait penanganan pengaduan melalui aplikasi SP4N-LAPOR! dengan lebih baik lagi, dimana setiap perwakilan unit kerja dapat mengoperasionalkan aplikasi tersebut melalui pembuatan admin di masing-masing unit kerja fungsional dan kesekretariatan,” ujar Kepala Biro Hukum, Persidangan, dan Hubungan Masyarakat Sidiq Mustofa.

Baca Juga :  IKUTI UPACARA HARI LAHIR PANCASILA, KALAPAS MUARA ENIM BESERTA JAJARAN KENAKAN BAJU ADAT .

Hadir dalam pelaksanaan Bimtek tersebut seluruh perwakilan admin di kedeputian serta kesekretariatan Kemenko Polhukam.

Sidiq berharap melalui aplikasi SP4N-LAPOR! maka pelayanan pengaduan yang disampaikan masyarakat langsung dapat diteruskan kepada unit kerja terkait. “Sehingga proses penanganan pengaduan dan pelaporan pelayanan oleh masyarakat menjadi lebih efektif dan efisien,” kata Sidiq.

Analis Pengaduan Masyarakat Kementerian PAN-RB, Tommy Putra Pratama Gunawan mengatakan, tujuan SP4N yaitu penyelenggara dapat mengelola pengaduan secara sederhana, cepat, tepat, tuntas dan terkoordinasi. Selain itu, penyelenggara juga dapat memberikan akses untuk partisipasi masyarakat.

Baca Juga :  Pimpin Apel Perdana Usai Libur Idul Fitri, Ini Pesan Kalapas Muara Enim Herdianto

“Prinsipnya SP4N dibentuk untuk mendorong no wrong door policy yang menjamin hak masyarakat agar pengaduan dari mana pun dan jenis apapun disalurkan kepada penyelenggara pelayanan publik yang berwenang,” kata Tommy.

(gr/atr)

No More Posts Available.

No more pages to load.