Seleksi CPNS 2024 dan PPPK: Prioritas Utama bagi Fresh Graduate dan Eks-THK II

oleh -224 Dilihat

Gerakrakyat.com – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) telah merilis info terbaru terkait seleksi CPNS 2024 dan PPPK.

 

MenPAN RB Azwar Anas kembali memimpin rapat tematik mengenai rekrutmen CASN (CPNS 2024 dan PPPK) di Kantor Kementerian PANRB, Jakarta pada Selasa 30 April 2024. (Sumber : KemenPAN RB)

 

Dan, telah ditetapkan bahwa tahap awal rekrutmen CASN (CPNS 2024 dan PPPK) sebanyak 1,28 juta formasi.

 

Jumlah 1,28 juta formasi tersebut merupakan bagian dari total keseluruhan kebutuhan CASN tahun ini, yakni sebesar 2,3 juta formasi.

Baca Juga :  Legas Expo Kenkumham 2023, Kasur Foam Produk Narapidana Lapas Narkotika Sawahlunto terjual

 

Hingga sekarang, pemerintah melalui Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih melakukan verval (verifikasi dan validasi) rincian formasi.

 

Verval rincian formasi Aparatur Sipil Negara yang sudah ditetapkan ini berdasarkan dari usulan semua instansi pusat dan daerah.

 

Maka dari itu, MenPAN RB menyampaikan bahwa pendaftaran CASN 2024 akan segera dimulai bila proses validasi sudah selesai.

 

Hal tersebut di atas dilaksanakan berdasarkan dari hasil pengisian atau input rincian formasi dari masing-masing kementerian/lembaga (K/L) dan pemerintah daerah (pemda).

Baca Juga :  Lapas Muara Enim Ikuti Pendampingan Penyusunan Manajemen Resiko, SPIP dan Pembangunan ZI oleh Kanwil Kemenkumham Sumsel

 

“Kami harap K/L dan Pemda yang belum merampungkan input di sistem BKN untuk segera menyelesaikan agar pendaftaran CASN segera dibuka karena sudah ditunggu-tunggu publik,” ujar MenPAN RB Azwar Anas.

 

– 75 kementerian dan lembaga sebanyak 427.850 formasi.

 

– 524 pemerintah daerah sebanyak 862.174 formasi.

 

Lantas, apa yang menjadi 2 hal prioritas utama dalam seleksi CPNS 2024 dan PPPK ketika dirilis berita terbaru mengenai rekrutmen CASN?

Baca Juga :  Kakanwil Kemenkumham Sumsel Terima Audiensi Dinas PUPR Kota Palembang

 

Pemerintah telah menetapkan Aparatur Sipil Negara (ASN) diprioritaskan 2 kategori ini, yaitu:

 

CPNS yang bisa dilamar oleh fresh graduate;

 

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diperuntukkan bagi tenaga non-ASN dan eks Tenaga Honorer Kategori (THK) II yang masuk basis data (database) BKN.

 

Demikian, penjelasan mengenai 2 kategori yang jadi prioritas utama seleksi CPNS 2024 dan PPPK dalam rekrutmen CASN.

 

No More Posts Available.

No more pages to load.