Tertib Identitas, Seluruh Personil Lapas Narkotika Sawahlunto Miliki KTA Polsuspas

oleh -94 Dilihat

Selepas Apel Gabungan Seluruh Pegawai Lapas Narkotika Sawahluto, bertempat di Aula Lakosal Lapas Narkotika Sawahlunto, Kalapas Rommy Waskita Pambudi membagikan Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian Khusus kepada seluruh petugas Pemasyarakatan Lapas Narkotika Sawahlunto, Senin (05/02).

Petugas Pemasyarakatan atau disebut juga dengan Polsuspas atau Kepolisian Khusus Pemasyarakatan adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia yang bertugas dengan tanggung jawab pengawasan, pembinaan, keamanan, dan keselamatan narapidana dan tahanan di Rutan dan Lapas.

Baca Juga :  Sukseskan Pemilu, Lapas Muara Enim ikuti Kegiatan Simulasi Pemungutan & Penghitungan Suara*

Polsuspas dibekali kartu sebagai tanda anggota Kepolisan Khusus yang didapatkan melalui diklat dan pelatihan lebih lanjut dari Polri.

Sebelum menjadi anggota Polsuspas, seseorang harus melalui seleksi yang ketat mulai dari tes Computer Assist Test (CAT), Tes Kemampuan Jasmani, dan sebagainya.

Setelah dinyatakan lulus seleksi, anggota Polsuspas dididik untuk menguasai kemampuan semi-militer, seperti kemampuan fisik, kemampuan menembak atau menggunakan senjata api, bela diri, dan lain sebagainya.

Anggota Polsuspas juga memiliki Kartu Tanda Anggota (KTA) Kepolisian Khusus dan memiliki lisensi kemampuan menggunakan senjata api dari Mabes Polri yang pada kesempatan ini diberika oleh Polda Sumatera Barat.

Baca Juga :  Perkuat Daya Tahan Tubuh,Petugas Kesahatan Rutan Banda Aceh bagikan Vitamin C dan Susu keseluruh Petugas

Sahabat Lakosal,
Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2012, Polsuspas bertugas melaksanakan pengamanan, pencegahan, penangkalan, dan penindakan non-yustisiil sesuai bidang teknisnya masing-masing. Itu diatur dalam peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukumnya.
Fungsi Polsuspas diatur dalam Pasal 2 Peraturan Kepala Kepolisian Negara RI Nomor 6 Tahun 2006 yang menyatakan bahwa “Polsuspas bertugas melaksanakan sebagian fungsi kepolisian, baik secara pre-emtif, preventif, dan represif non-yustisiil menurut peraturan perundang-undangan yang memberi kewenangan kepadanya.”

Baca Juga :  Tercepat Penyelesaian SPT Tahun 2023, Lapas Narkotika Sawahlunto Menerima Penghargaan Dari KP2KP Sawahlunto*

Kalapas Narkotika Sawahlunto menggunggkapkan bahwa Kartu Tanda Anggota Polsus Petugas Pemasyarakatan di Lapas Narkotika Sawahlunto sudah kami lengkapi seluruh persyarakatannya di awal bulan Desember 2023 ini, dan kemarin kami terima dari Polda Sumatera Barat.
“maka pada momen inilah dapat kami bagikan kepada seluruh petugas pemasyarakatan Lapas Narkotika Sawahlunto”, tambah Kalapas.

No More Posts Available.

No more pages to load.