Wujudkan Zero Halinar Menjelang Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Lapas Bukittinggi Gelar Razia Secara Gabungan  

oleh -21 Dilihat

Bukittinggi-Dalam rangka mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban khususnya menjelang Perayaan Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi menggelar kegiatan razia/penggeledahan pada kamar hunian warga binaan sebagai upaya Deteksi Dini, Kamis (21/12).

 

Kegiatan ini tidak hanya melibatkan petugas Lapas Bukittingi melainkan juga petugas dari Balai Pemasyarakatan Kelas II Bukittingi dan petugas dari Kantor Imigrasi Non TPI Agam, yang mana kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bukittinggi Abdul Silaban.

Baca Juga :  Jelang Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Ke-77 Th, Lapas Muara Enim Bersama Kantor Imigrasi Muara Enim Tabur Bunga di Makam Pahlawan

 

Dalam arahannya menjelang melaksanakan Razia Gabungan Abdul menegaskan pentingnya pelaksanaan penggeledahan sebagai langkah pencegahan terhadap potensi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lapas. “Penggeledahan harus dilakukan secara humanis, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan,” ungkapnya.

 

Sementara itu Kalapas Bukittinggi (Herdianto) menjelaskan, “Razia kamar hunian dilaksanakan untuk meminimalisir benda/barang larangan dan berbahaya, seperti : Handphone, Narkoba dan Senjata Tajam. Melalui upaya deteksi dini, diharapkan muncul deterrent factor (efek tangkal) terhadap tindakan yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam Lapas terutama menjelang Natal dan Tahun Baru.”

Baca Juga :  Asimilasi Rumah Kembali Diperpanjang, 24 Napi Lapas Banyuwangi Dipulangkan

 

Dalam kegiatan ini petugas menemukan adanya beberapa barang terlarang, yang semestinya tidak boleh dimiliki oleh narapidana. Tim pengamanan dan penggeledahan melakukan pemeriksaan terhadap narapidana yang melanggar tata tertib tersebut, untuk selanjutnya diberikan sanksi hukuman disiplin.

 

Kalapas juga memastikan pihaknya akan terus berkomitmen melakukan pembenahan dari segala bentuk penyimpangan dan gencar melakukan penertiban terhadap barang larangan, guna mewujudkan “ZERO HALINAR” (Handphone, Pungli dan Narkoba) di Lapas Bukittinggi.

No More Posts Available.

No more pages to load.